Mempercepat Guru Besar di UIN Suska; LPPM Menggelar Workshop Penulisan dan Publikasi Ilmiah

Untuk mengejar ketertinggalan UIN Suska Riau dalam peningkatan jumlah Guru Besarnya, maka upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tulisan dan publikasi menjadi penting bagi para dosen. Hal ini, memang merupakan prasyarat yang tidak bisa dihindari bagi seorang dosen yang ingin meningkatkan jabatan fungsional mereka.

Untuk tujuan itu, LPPM UIN Suska Riau bersama Irwan Abdullah Scholar Foundation menyelenggarakan Academic Writing Workshop bagi para dosen Lektor Kepala dan Lektor Guru Besar pada senin tanggal 10 April 2023, di Gedung Rektorat Lantai 5. Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Breaking Barries: Strategies for Successful Academic Writing and Publication in International Journal”.

“Kita memiliki 119 Dosen dengan jabatan Lektor Kepala dan 103 Lektor dengan gelar Doktor. Apabila 30 % saja di antara dosen yang jabatan Lektor Kepala ini menjadi Guru Besar, tentu akan menambah kualitas Universitas untuk go Internasional” Sambut Ketua LPPM,  Prof. Dr. Leny Nofianti MS, SE., M.Si, Ak,  dalam sambutannya.

Diahir sambutannya, beliau berharap dengan diadakannya workshop ini, para peserta mendapatkan manfaat hingga dapat menghasilkan suatu makalah yang memenuhi syarat untuk kenaikan jabatan guru besar.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para dosen dengan menghasilkan tulisan atau artikel yang berkualitas dan dapan dijadikan sebagai bahan untuk kenaikan jabatan guru besar nantinya”, lanjut ketua LPPM UIN Suska Riau.

Dalam kesempatan ini, hadir Prof. Dr. Irwan Abdullah, yang merupakan pembina IA Scholar dan telah menerbitkan 47 arikel yang terindeks Scopus. Kegaitan yang didampingi oleh Wakil Rektor II, Dr. H. Mas’ud Zein, M.Pd ini, juga dihadiri Dr. Hasse Jubba, MA sebagai mentor dalam melaksanakan pelatihan dan pembimbingan di IA Scholar.

“Makin hari makin jelas bahwa tulisan merupakan hal yang pasti, yang tidak bisa dielakkan oleh para dosen. Suatu saat tulisan-tulsan itu akan dibutuhkan untuk kenaikan jabatan fungsional” Tegas Prof. Irwan Abdullah.

“Tidak terlalu sulit sebenarnya, menulis itu gampang dan sederhana. One day one paragraph misalnya, kalo bisa dilakukan, maka dalam satu bulan sudah memiliki 30 paragrap tulisan.” Lanjut beliau.

Prof. Irwan terus membagikan tips dan trik publikasi di berbagai jurnal internasional. IA Scholar sendiri merupakan lembaga yang secara khusus didirikan untuk menjembatani para akademisi dan peneliti dengan dunia publikasi dan jurnal. IASF membawahi divisi penelitian dan publikasi ilmiah bereputasi melalui pelatihan, pendampingan, dan konsultasi.

About admin uin

Check Also

Pengajuan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri Semester Genap Tahun 2024

Assalamu ‘alaikum wr. wb.Dengan hormat, bersama ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat {LP2M) memberikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unriyo rtp live