Perkuat Kualitas Jurnal; LP2M UIN Suska Riau Taja Kegiatan Pendampingan Jurnal

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Suska Riau, untuk kesekian kalinya menyelenggarakan kegiatan Pendampingan Akreditasi Jurnal dan Indeksasi Jurnal Internasional. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat LP2M, Islamic Center pada tanggal 9 hingga 11 Mei 2023.

Kegiatan yang diikuti oleh 2 orang perwakilan dari 14 Jurnal yang dipilih dan diperkirakan akan menuju pada Jurnal Internasional ini, dibuka langsung oleh Ketua LP2M UIN Suska Riau, Prof. Dr. Leny Nofianti MS., S.E., M. Si., Ak.

Dalam sambutannya, Ketua LP2M UIN Suska Riau, menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan sesuai dengan skema yang telah ditetapkan oleh Kementrian Agama RI, Pusat, yaitu pendampingan Jurnal Internasional, Jurnal Nasional, dan Jurnal terakreditasi. “Bahkan Narasumber yang kita hadirkan adalah rekomendasi langsung dari Bagian Publikasi Kemeterian Agama Pusat” Ucap Prof. Leny.

Narasumber yang menjadi pendamping dalam kegiatan ini adalah Pertama, Prof. Dr. Irfan Helmi, Lc., MA, Dekan Fakultas Dakwah UIN Salatiga sekaligus Pimpinan Redaksi Jurnal Ijtihad STAIN Salatiga, dan Kedua, Prof. Dr. Adang Kuswaya, M.Ag, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab & Humaniora UIN Salatiga.

Sebagai sebuah perguruan tinggi yang menyelenggarakan penelitian dan pengabdian, maka keberadaan Jurnal sebagai media untuk menyebarluaskan atau desiminasi hasil-hasil riset menjadi niscaya. Bahkan, eksistensi jurnal yang terakreditasi nasional maupun internasional, menjadi salah satu indikasi penting bagi kualitas sebuah Universitas.

“Karenanya Jurnal perlu terus dilakukan upgrade dan pendampingan, agar kualitas Jurnal di UIN Suska Riau terus mengalami peningkatan akreditasinya” Tegas Prof. Leny.

“Kita akan terus melakukan langkah-langkah strategis agar jurnal UIN Suska Riau kedepan mengalami peningkatan kualitas. Sebagaimana diketahui bahwa Publikasi Jurnal merupakan bagian yang sangat krusial bagi kemajuan kampus kedepannya. Jurnal bereputasi Internasional sangat diperlukan untuk proses akreditasi dan pengajuan kepangkatan. Melalui kegiatan ini, konsultasi dan pendampingan Jurnal Internasional digenjot sebagai upaya dalam proses percepatan Guru Besar” tutup Prof Leny.

About admin uin

Check Also

Pengajuan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri Semester Genap Tahun 2024

Assalamu ‘alaikum wr. wb.Dengan hormat, bersama ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat {LP2M) memberikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unriyo rtp live