web analytics

TINGKATKAN KUALITAS JURNAL : LP2M HADIRKAN DUA ORANG NARASUMBER NASIONAL

uin-suska.ac.id Sebagai langkah awal dalam membenahi kualitas hasil-hasil karya tulis ilmiah Dosen UIN Suska Riau dimasa akan datang, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kegiatan (LP2M) UIN Suska Riau laksanakan kegiatan workshop pengajuan akreditasi Jurnal UIN Suska Riau yang di fokuskan kepada jurnal yang belum terakreditasi sehingga bisa menjadikan pengelola jurnal yang baik dan bisa terakreditasi. Kegaiatan yang dilaksanakan Rabu dan Kamis (27-28/10/2021) selama dua hari ini dilaksanakan di salah satu hotel di Pekanbaru. Adapun peserta diambil dari seluruh pengelola jurnal di lingkungan UIN Suska Riau.

Sementara itu Workshop yang di taja oleh LP2M ini menghadirkan narasumber handal baik dari Perguruan Tinggi yang terkemuka yakni  Prof. Dr. Istadi., ST.,MT dengan tema “Peningkatan Nilai aspek Manajemen dan Aspek Subtansi Berdasarkan Pedoman Akreditasi Jurnal Tahun 2021 “dan narasumber kedua dari Kemeterian Riset dan Teknologi yakni Yoga Dwi Arianda, ST dengan Tema “Kebijakan Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional”.

Prof. Istadi dalam paparannya menyatakan bahwa standar pengelolaan manajemen jurnal sesuai standar akreditasi jurnal nasional (arjuna-sinta) 2021 antara lain Penamaan Jurnal Ilmiah, Kelembagaan Penerbitan, Penyunting dan Manajemen Jurnal : penerbitan mitra Bestari, Penyunting dan Manajemen Jurnal : Mutu Penyunting Substansi, Penyunting dan Manajemen Jurnal : Kualifikasi Dewan Penyunting, Penyunting dan Manajemen Jurnal : Petunjuk Penulisan bagi Penulis, Penyunting dan Manajemen Jurnal : Mutu Penyunting dan Gaya Format, Penyunting dan Manajemen Jurnal : Manajemen Jurnal Ilmiah, Penampilan : Ukuran Bidang Tulisan dan Tata Letak, Penampilan : Tipografi dan Resolusi Dokumen Penampilan : Jumlah Halaman Per Terbitan,Penampilan : Desain Tampilan Laman, Keberkalaan : Jadwal Penerbitan, Keberkalaan : Penomoran Penerbitan dan Penomoran Halaman, Keberkalaan : Indeks Pencarian pada Mesin Pencari Jurnal, Penyebarluasan : Jumlah Kunjungan Unik ke Laman, Penyebarluasan : Pencantuman di Lembaga Pengindeks dan Penyebarluasan : Alamat/Identitas Unik Artikel, jelas Istadi.

Sementara itu Narasumber kedua dalam paparannya menyatakan bahwa alur pengajuan akreditasi jurnal adalah pengusulan dari pengelola atau tim jurnal, masuk ke tim Arjuna untuk memeriksa kelengkapan administrasi, penilaian tim Assesor, tim akredistasi melakukan pleno untuk memberikan penilaian akhir serta pengumuman hasil yang akan berlaku selama lima tahun. Sementara untuk unsur dan bobot penilaian bidang manajemen hanya 48 yang terdiri dari enam aitem dan bidang substansi 52 yang hanya terdiri dari dua item saja, jelas Yoga.

Penulis : M. Huzaini

Foto : Sri Hastuti

Editor : Kasubag Humas

About Admin LP2M

Check Also

Pengumuman Penetapan Peserta Penulisan Artikel Jurnal Internasional Bereputasi Tahun 2022

Kepada Yth. Bapak/lbu Dosen UIN Suska Riau di- Tempat. Assalamualaikum, wr wb Dengan hormat, berdasarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
15 − 5 =