web analytics

DUA ORANG NARASUMBER PAPARKAN PENILAIAN AKREDITASI JURNAL

uin-suska.ac.id Tindak lanjut dari paparan narasumber pada hari pertama tentang peningkatan kualitas jurnal di UIN Suska Riau dalam kegiatan workshop pengajuan akreditasi Jurnal yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kegiatan (LP2M) UIN Suska Riau. Pada hari kedua Kamis (28/10/2021) dua orang narasumber yakni Dr. Hasbullah, M.Si dan Dr. Muhammad Badri, M.Si menyampaikan materi tentang “Pengajuan Akreditasi Jurnal”. Kegiatan ini sangat mengundang antusis dari pengelola jurnal di UIN Suska Riau terutama jurnal yang belum terakreditasi.

Dr. Muhammad Badri, M.Si dalam paparannya menggambarkan bagaimana persiapan-persiapan yang akan dilakukan oleh tim pengelola jurnal mulai dari awal hingga penilaian yang akan diberikan oleh tim asesor nantinya. Setidaknya ada beberapa penilaian yang akan dilakukan oleh tim asesor nanti diantaranya : Penilaian Penamaan Jurnal Ilmiah, Penilaian Kelembagaan Penerbit, Penilaian Penyuntingan dan Manajemen Terbitan, Penilaian Substansi Artikel, Penilaian Gaya Penulisan, Penilaian Penampilan, Penilaian Keberkalaan, Penilaian Penyebarluasan dan Penilaian Disinsentif yang berkaitan dengan Plagiat, Jelas badri. Diantara masing-masing penilaian masih termauat beberapa indikator penting didalamnya dengan bobot nilai berbeda sehingga akan terlihat jelas bagaimana seharusnya tim jurnal mempersiapkan segala sesuatu agar jurnalnya bisa terakreditasi dengan hasil yang akan didapatkan bisa memuaskan

Sementara itu narasumber kedua Dr. Hasbullah, M.Si menyatakan bahwa semua jurnal kalau bisa hari ini kita submit semuanya, untuk itu evaluasi semua yang dibawah sinta dua. Jadi yang kita utama pada saat ini bagi jurnal yang hampir habis masa aktifnya, berikutnya bagi jurnal yang baru agar biar bisa terakreditasi nantinya kecuali yang belum mencapai usia jurnalnya dua tahun. Hasbullah berharap kepada semua pengelola jurna agar user dan password jurnal bisa di simpan dengan baik agar kedepan kita tidak terkendala hanya masalah kecil tersebut karena untuk menyelesaikannya harus harus ke pusat dulu.

Kegiatan hari kedua ini lebih banyak dan aktif untuk tanya jawab, sehingga bisa menyelesaikan serta mengatasi kendala-kendala yang dialami berbagai jurnal. Dengan harapan pada tahun 2022 mendatang sumua jurnal yang ada di UIN Suska Riau sudah terakreditasi minimal sinta dua. 

Penulis : M. Huzaini

Foto : Sri Hastuti

Editor : Kasubag Humas

About Admin LP2M

Check Also

Pengumuman Penetapan Peserta Penulisan Artikel Jurnal Internasional Bereputasi Tahun 2022

Kepada Yth. Bapak/lbu Dosen UIN Suska Riau di- Tempat. Assalamualaikum, wr wb Dengan hormat, berdasarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
30 ⁄ 10 =