web analytics

LP2M LAUNCHING RUMAH JURNAL

uin-suska.ac.id Dalam mendorong Peningkatan Pengelolaan Jurnal Ilmiah di ruang lingkup Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) Maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN menyelenggarakan workshop peningkatan akreditasi jurnal pada tanggal 29-30 Oktober 2021 di Hotel Fave Pekanbaru yang diselenggarakan secara Offline dan diikuti sebanyak 57 Peserta dari berbagai pengelola jurnal di UIN Suska Riau. (29/10/2021).
Workshop Peningkatan Pengelolaan Jurnal sekaligus peresmian rumah jurnal dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Dr. Hj. Helmiati dan di Dampingi oleh ketua LP2M Prof. Dr. Leny Nofianti, MS., S.E., M.Si., AK, CA. Selaku penanggung jawab pelaksanaan kegiatan dan juga menghadirkan narasumber yang handal dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) Dr. Parmin, M.Pd.
“Kegiatan ini sebenarnya sudah berlangsung dari 2 hari yang lalu,dan hari ini adalah hari ke 3 dimana 2 hari sebelumnya itu adalah kegiatan yang khusus untuk jurnal yang belum terakreditasi,sengaja kami bagi supanya lebih fokus jadi kita inginkan lebih ada peningkatan dari yang belum terakreditasi menjadi terakreditasi, Dan untuk 2 hari ini untuk workshop peningkatan akreditasi. Jadi di UIN Suska mempunyai 59 jurnal dan ada 28 jurnal yang belum terakreditasi dan 29 jurnal yang sudah terakreditasi kita juga termasuk jumlah terbanyak di lingkungan PTKIN. Kami dari LP2M membuat program bahwa kedepannya nanti sebagai payword untuk jurnal terindeks scopus jadi jurnal yang ada di UIN ini kami sudah membuat rumah jurnal,dan hari ini InsyaAllah akan kita launcing,jadi bapak/ibu pengelola jurnal bisa nanti berkaloborasi dengan rumah jurnal itu dimana disana bisa kita lakukan secara rutin pertemuan. Tutup Prof Leni tersebut.
Selanjutnya WR I dalam sambutannya menyampaikan”Kami mengucapkan selamat mengikuti workshop ini,dan tentunya kita mempunyai komitmen bersama untuk memajukan jurnal UIN Suska, Jumlah 59 itu sangatlah banyak, maka dari itu kita perlu lakukan evaluasi terhadap 29 jurnal yang belum terakreditasi, bila nampaknya gerakannya lamban dan sulit untuk maju maka kita harus perlu evaluasi, sumber daya yang kita plotting kesana tetapi tidak naik dan terangkat, lebih baik Sumber daya kita arahkan ke jurnal yang memang lebih punya peluang dan terus untuk maju,jadi mari sama sama kita tingkatkan tata kelola jurnal kita,terangnya.
Lebih lanjut WR I menambahkan kita berharap rumah jurnal ini bisa menjadi wadah yang memfasilitasi para pengelola jurnal untuk dapat mengelola jurnal yang menjadi efektif dan efesien,tutupnya.
Pada sesi terakhir acara diberikan reword Sinta kepada jurnal yang terakreditasi pada tahun 2020 sebanyak 15 jurnal diantaranya :
Jurnal Dakwah Risalah Sinta 2, Indonesia Journal of Artifical Intelligence and Data Mining Sinta 3, Kinderganteng : Journal Of Islamic Early Chilhood Education Sinta 3, JTI : Jurnal Teknik Industri Sinta 4, Al Fikri : Jurnal Ilmiah Keislaman Sinta 4, Hukum Islam Sinta 4, Jurnal Al-Iqtishad Sinta 4, SITEKIN Jurnal Sains Teknologi dan Industri Sinta 4, Jurnal EL Riyasah : Jurnal Kepemimpinan dan Administrasi Sinta 4, Al-Ittizaan : Jurnal Bimbingan Konseling Islam Sinta 5, IDAROTUNA : Jurnal Kajian Manajemen Dakwah Sinta 5, Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Sinta 5, Masyarakat Madani : Jurnal Kajian Islam dan Pengembangan Masyarakat Sinta 5.


Penulis : Lasma
Fotografer : Robil
Editor : Kasubag Humas

About Admin LP2M

Check Also

PENGAJUAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MANDIRI SEMESTER GENAP TAHUN 2022

Kepada Yth. Bapak dan Ibu Dosen UIN Suska Riau Pekanbaru Assalamu ‘alaikum wr. wb. Dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
6 × 29 =