UNDANG AHLI DARI KOMNAS PEREMPUAN, PSGA UIN SUSKA RIAU SELENGGARAKAN TRAINING PPKS

Pada hari Jum’at tanggal 07 Juli 2023, Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sultan Syarif Kasim Riau, selenggarakan kegiatan Training Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Rektorat Lt. 5 ini, dihadiri oleh Prof. Dr. Alimatul Qibtiyah, yang merupakan Komisioner Komisi Nasional Perempuan RI.

Dalam acara pembukaan kegiatan ini, tampak hadir sejumlah Pimpinan Fakultas, Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan UIN Suska Riau; Dekan Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Dekan Syariah dan Ilmu Hukum, Wakil Dekan Saint dan Teknologi, Wakil Dekan Fapertapet dan Wakil Dekan Tarbiyah dan Keguruan.

Dalam acara pembukaan, ketua PSGA, Dr. Mustiqowati Ummul Fithriyyah, M.Si, yang mewakili ketua LP2M UIN Suska Riau, Prof. Dr. Leny Nofianti MS., S.E., M. Si., Ak., menyatakan bahwa kegiatan ini terselenggara atas adanya desakan yang sangat kuat akan pentingnya Perguruan Tinggi Responsif Gender (PTRG). “Sejak tahun 2019 yang lalu, kami bersama Aliansi beberapa Perguruan Tinggi, Menyusun indicator PTRG yang salah satunya adalah adanya komitmen untuk zero tolerance atas kekerasan terhadap perempuan” imbuhnya.

“Dan alhamdulillah, UIN kita sudah memiliki SK Rektor Nomor 1680 tentang implementasi PUG, kemudian juga sudah ada SK Rektor Nomor 1681 tentang PPKS ini, juga SK Rektor Nomor 1683 tentang Pembentukan Unit Kayanan Terpadu Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Kampus” Tegas Ketua PSGA.

Prof. Alim, yang juga Guru Besar UIN Yogyakarta, dalam sambutanya sangat mengapresiasi dan memberikan selamat kepada UIN Suska Riau yang telah memiliki sejumlah dokumen penting sebagai bentuk komitmen atas PTRG itu sendiri. “Saya mengucapkan selamat kepada UIN Suska Riau, yang telah memiliki SK Rektor terkait dengan PTRG tersebut. Hal ini, menandakan UIN Suska Riau memiliki komitmen untuk menjadi Kampus yang ramah terhadap perempuan” Sambut Prof. Alim.

Sementara itu, Rektor UIN Suska Riau yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Helmiati, M.Ag menyambut senang dengan adanya inisiatif dan terselenggaranya kegiatan ini. “Memang, perlu upaya-upaya yang sistematis dan serius untuk mewujudkan kampus yang ramah terhadap perempuan ini, di antaranya ya.. adanya komitmen bersama melalui SK Rektor dan memperkuat pengetahuan serta pemahaman melalui menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti ini” tegas WR I.

Acara pembukaan ini, kemudian dilanjutkan dengan training yang langsung di sampaikan oleh Prof. Alimatul Qibtiyah, P.hD dan Herlia Santi, S.Pi, Direktur Pusat Pengembang an Sumberdaya Wanita (PPSW) Provinsi Riau. Pelatihan berlangsung hingga pukul 17.00 WIB dengan Moderator Dr. Muhammad Ansor, MA, Dosen Syariah dan Ilmu Hukum.

About admin uin

Check Also

Pengajuan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri Semester Genap Tahun 2024

Assalamu ‘alaikum wr. wb.Dengan hormat, bersama ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat {LP2M) memberikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unriyo rtp live