LP2M UIN Suska Riau Melakukan Pendampingan Peningkatan Akreditasi Jurnal

LP2M UIN Suska Riau secara paralel, menyelenggarakan kegiatan pendampingan Akreditasi Jurnal Internasional, sekaligus juga menyelenggarakan pendampingan Akreditasi Jurnal Nasional terakreditasi UIN Suska Riau. Jika pada peningkatan Jurnal Internasional di mulai tanggal 9 – 11 Mei 2023, sementara kegiatan Akreditasi Jurnal Nasional dilaksanakan pada 10 – 13 Mei 2023.

“Dalam minggu ini, LP2M mengadakan dua kegiatan pendampingan, satu dengan target peningkatan ke scopus, satu nya lagi adalah peningkatan jurnal nasional yang terakreditasi. Saat ini, adalah kegiatan dengan melibatkan jurnal-jurnal yang masih terakreditasi sinta 5 dan 4 di UIN suska Riau” Jelas Prof. Dr. Leny Nofianti MS., S.E., M. Si., Ak., Ketua LP2M UIN Suska Riau.

“Dan nanti kita akan juga mengadakan pendampingan bagi jurnal-jurnal yang belum terakreditasi, kira-kira di bulan Juni” tambah beliau..

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik ini, dilaksanakan di Ruang Rapat Senat Rektorat Lantai V. Dalam sambutannya, beliau menyebutkan bahwa Jurnal merupakan jendela Perguruan Tinggi untuk memuat ide, gagasan, hasil riset bagi dunia. “Dari sini lah, perguruan tinggi akan dikenal orang” Jelas Prof. Dr. Helmiyati, M.Ag.

“Dengan mempublikasi karya ilmiah di jurnal yang bereputasi akan banyak orang yang membaca. Itu sebuah kontribusi dan jurnal kita bisa dijadikan rujukan atau referensi. Hal ini juga bisa membangun identitas diri kita melalui Google Scholar atau Scopus dalam rangka mengembangankan potensi diri. Tulisan ini, akan menembus ruang dan waktu tanpa batas. Hingga kapanpun, tulisan kita tidak akan hilang” imbuh beliau.

Narasumber yang menjadi pendamping dalam kegiatan ini adalah Pertama, Dr. Muhamad Mustaqim, M.Pd.I, M.M, Dosen IAIN Kudus sekaligus Editor in Chief Jurnal Addin dan Managing Editor Jurnal QIJIS IAIN Kudus, dan Kedua, Hardivizon M.Ag dari UIN Batu Sangkar Sumatera Barat.

Dalam pengantarnya, Dr. Mustaqim menyampaikan bahwa “Dalam penulisan jurnal hal yang perlu diperhatikan adalah topik yang akan diangkat dalam jurnal. Sebelum menulis karya ilmiah, kita harus mengobservasi penelitian seperti apa yang akan kita tulis. Apakah hasil dari penelitian kita bisa menjadi rujukan dan referensi sebagai bentuk kontribusi untuk peneliti yang relevan dengan topik kita. Jangan sampai kita menulis namun susah dipahami oleh pembaca”.

About admin uin

Check Also

Pengajuan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri Semester Genap Tahun 2024

Assalamu ‘alaikum wr. wb.Dengan hormat, bersama ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat {LP2M) memberikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unriyo rtp live