Peringati Hari Perempuan Internasional; PSGA LP2M UIN Suska Riau Gelar Woman Talk

Pekanbaru, 18 Maret 2024- Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau (Suska Riau) menjadi saksi acara bersejarah dalam peringatan Hari Perempuan Internasional, yang dirangkai dengan acara “Woman Talk” yang mengangkat tema penting tentang Membangun Gender Mainstreaming dalam Tri Darma Perguruan Tinggi.

Dibuka dengan sambutan hangat dari Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Helmiati, M.Ag, acara ini dihadiri juga oleh Ketua LP2M, Prof. Dr. Leny Nofianti MS., S.E., M. Si., Ak dan Dr. Mustiqowati, Ketua PSGA LP2M UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Prof. Helmiati, selain membuka acara, juga memberikan apresiasi dan komitmen yang kuat untuk mendukung gender mainstreaming dalam pendidikan tinggi. Beliau secara khusus menyatakan kesediaannya untuk mendampingi insersi perspektif gender dalam mata kuliah tertentu, sebagaimana yang telah beliau lakukan untuk moderasi beragama sebelumnya. Bahkan, di akhir kegiatan, beliau sempat menyatakan apresiasi yang sangat kuat dalam mendorong Perguruan Tinggi yang responsive gender dan beliau juga memberikan ruang senat untuk diskusi rutin setiap bulannya.

Sementara itu, Ketua LP2M, Prof. Dr. Leny Nofianti MS., S.E., M. Si., Ak, menggarisbawahi pentingnya penelitian dan pengembangan untuk mewujudkan gender mainstreaming di perguruan tinggi. “Semua pihak selayaknya untuk saling bersinergi dalam mewujudkan gender mainstreiming di UIN Suska ini” himbaunya.

Acara dilanjutkan dengan model diskusi yang menarik, di mana para narasumber, yang terdiri dari lima ketua PSGA dari masa ke masa secara bergantian menjawab pertanyaan dari Ketua PSGA saat ini, Dr. Mustiqowati, yang sekaligus menjadi host dalam kegiatan ini. Isu-isu dingkat adalah seputar sejarah, perjuangan, peran, dan tantangan dalam membangun gender mainstreaming di lingkungan perguruan tinggi.

Beberapa Dosen UIN yang pernah menjadi ketua PSGA itu adalah Dr. Sofia Hardani, M.Ag (2007-2012); Dr. Maimunah Munada, M.Ag (2012-2014); Dr. Julina, SE, MM (2014-2016); Dr. Riswani, M.Ed (2016-2018); dan Dr. Sukma Erni, M.Pd (2018 – 2021).

Lebih lanjut, beberapa materi dialog yang hangat didiskusikan antara lain: Sejarah terbentuknya PSGA di UIN Sultan Syarif Kasim Riau; Gerakan perjuangan PSGA dalam memperjuangkan hak-hak Perempuan; Peran dan kiprah PSGA di dalam dan di luar kampus; Pengalaman suka duka menjadi pegiat gender, utamanya di PSGA; Implementasi pendidikan dan pengajaran yang responsif gender dan inklusif, serta tantangannya; Paradigma gender mainstreaming dalam riset perguruan tinggi dan langkah-langkah praktis menuju kesetaraan gender; dan Strategi gender mainstreaming dalam program pengabdian kepada masyarakat.

Acara yang dihadiri oleh delegasi dari tiap fakultas, termasuk dua dosen, dua mahasiswa, dan satu tenaga kependidikan dari masing-masing fakultas, bertujuan untuk menggali pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya gender mainstreaming dalam menjaga kesetaraan gender di lingkungan perguruan tinggi.

Dengan pembahasan yang mendalam dan interaktif, diharapkan acara ini dapat menjadi titik tolak bagi implementasi praktik-praktik yang lebih inklusif dan responsif terhadap gender dalam dunia pendidikan tinggi, serta memperkuat peran perempuan dalam mencapai kesetaraan dan keadilan.

Penulis: Imam Hanafi, MA

About imam hanafi

Check Also

Pengajuan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri Semester Genap Tahun 2024

Assalamu ‘alaikum wr. wb.Dengan hormat, bersama ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat {LP2M) memberikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unriyo rtp live