Upaya Akselerasi Akreditasi Jurnal, LP2M Selenggarakan Kegiatan Pendampingan Jurnal

Salah satu tugas penting dari seorang peneliti atau Dosen di Perguruan Tinggi adalah melakukan desiminasi hasil-hasil riset, yaitu dengan cara mempublikasikannya ke Jurnal-jurnal yang memiliki reputasi nasional maupun internasional.

“Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi UIN Suska Riau, untuk memiliki jurnal-jurnal yang mampu menampung hasil-hasil riset dosennya, dan itu tentu saja jurnal yang bereputasi” Ujar Ketua LP2M, Prof. Dr. Hj. Leny Nofianti MS, SE., M.Si, Ak saat membuka Kegiatan pendampingan Jurnal Nasional di Ruang Rapat LP2M UIN Suska Riau.

Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa Chief Editor Jurnal ini, diselenggarakan selama tiga hari, yaitu mulai tanggal 13 November hingga 15 November 2023. Sebagai narasumber adalah Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd dosen Universitas Semarang dan Dr. Muhammad Mustaqim, S.Pd.I., MM, Dosen IAIN Kudus Jawa Tengah.

Menurut ketua LP2M UIN Suska Riau, saat ini UIN Suska Riau memiliki 58 jurnal yang dikelola dibawah koordinasi Rumah Jurnal LP2M, yaitu terdiri dari 31 jurnal yang sudah terakreditasi dan 27 jurnal yang belum terakreditasi. “Kegiatan ini, mencoba mendorong beberapa jurnal yang belum terakreditasi ini dapat mengajukan kareditasi dan semoga kedepan jurnal-jurnal kita terakreditasi semuanya” Harap ketua LP2M ini.

“Karena, saat ini tuntutan unuk melakukan publikasi, baik pada tingkat nasional maupun internasional merupakan salah satu poin penting dalam tridarma perguruan tinggi. Semakin banyak publikasi pada dosen dan peneliti di sebuah Perguruan Tinggi, yang terindek pada jurnal bereputasi, maka akan menunjukkan peran dan bukti nyata peneliti serta universitas dalam perkembangan ilmu pengetahuan” ungkap beliau dengan penuh semangat.

Sementara itu, kepala Pusat Publikasi, Prof. Dr. Rosmaina, menyebutkan bahwa tujuan utama dari Kegiatan ini adalah berupaya meningkatkan kualitas publikasi / jurnal dilingkungan UIN Suska Riau melalui peningkatan kualitas dari para pengelola jurnalnya. “Sehingga, jurnal-jurnal yang belum terakreditasi di lingkungan UIN Suska Riau, agar dapat terakreditasi pada SINTA secepatnya” sebut beliau.

Semoga harapan itu terkabul. Amin.

About admin uin

Check Also

Pengajuan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri Semester Genap Tahun 2024

Assalamu ‘alaikum wr. wb.Dengan hormat, bersama ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat {LP2M) memberikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unriyo rtp live