Tingkatkan Kualitas Tulisan Dosen, LP2M Selenggarakan Workshop Penulisan Buku Referensi dan Monograf

PADA HARI SENIN tanggal 06 November 2023, bertempat di Hotel The Zuri Pekanbaru, Pusat Publikasi Lembaga Peneletian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sultan Syarif Kasim menyelenggarakan Workshop penulisan Buku Referensi dan Monograf.

Kegiatan yang diikuti oleh para dosen utusan Fakultas di lingkungan UIN Suska Riau ini, menghadirkan dua pembicara ahli, yaitu Prof. Dr. Sc. Amir Husni, S.Pi., M.P., dari UGM Yogyakarta dan Ratna Gunarti, S.Sos dari Perpusnas Jakarta.

Dalam sambutannya, Ketua LP2M Prof. Dr. Leny Nofianti MS., S.E., M. Si., menyatakan banyak para dosen yang mis-konsepsi terkait dengan buku daras, monograf dan buku teks. “Dalam pengurusan naik pangkat dosen, banyak yang tidak memahami perbedaan buku teks atau referensi, buku daras, atau buku monograf. Oleh karena itu, menjadi penting untuk dilakukan upgrading, atau mengingat kembali model-model penulisan buku di UIN” jelas beliau.

Menurut beliau, tuntutan peningkatan kualitas akademik dari para Dosen menjadi sangat penting di lakukan pada era saat ini. Kualitas akademik seorang dosen, salah satunya diukur oleh aktifitas penelitian yang menghasilkan luaran dan bisa dimanfaatkan oleh Masyarakat, baik berupa kahian ilmu dasar maupun teknologi terapan. Begitu juga, pada pengisian portofolio akademis dari seorang Dosen atau peneliti, dapat dinyatakan baik apabila berisi riwayat penelitian dengan luarannya yang biasanya dalam bentuk tulisan yang berupa publikasi ilmiah atapun dalam bentuk buku teks/monograf/buku ajar.

“LP2M UIN Suska Riau berupaya mendorong para dosen atau peneliti untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas penulisan baik buku, artikel, dan lainnya” sambungnya.

Kegaitan ini di ikuti oleh 54 dosen utusan dari setiap Fakultas di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

About admin uin

Check Also

Pengajuan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri Semester Genap Tahun 2024

Assalamu ‘alaikum wr. wb.Dengan hormat, bersama ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat {LP2M) memberikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unriyo rtp live