UIN Suska Riau Berpatisipasi Dalam Mengirimkan Delegasi KKN Kebangsaan ke XII di Maluku

Tahun 2024 ini, Universitas Pattimura (UNPATI) Ambon Provinsi Maluku, didaulat menjadi tuan rumah Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan dengan mengusung tema “Memperkokoh Nilai-nilai Kebangsaan Dalam Mewujudkan Desa Mandiri Di Daerah Kepulauan”. KKK kebangsan kali ini diikuti oleh 500 mahasiswa dari 70 perguruan tinggi se-Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari program yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau juga berpartisipasi dalam KKN Kebangsaan di ambon dan mengirim 4 mahasiswa delegasi, yang terdiri dari:

  1. Agus Firmansyah (Prodi Ilmu Komunikasi) yang di tempatkan pada Negeri Herlau, Kec. Seram Utara Barat Kab. Seram Bagian Barat.
  2. Rizka Safira (Prodi Ekonomi Syariah) di tempatkan pada Negeri Wotay, Kec. Teon Nila Serua Kab. Maluku Tengah.
  3. Samsun Siregar (Prodi Hukum Ekonomi Syariah) ditempatkan di Negeri Labuhan, Kec. Seram Utara Barat Kab. Seram Bagian Barat.
  4. Mashitoh (Prodi Bimbingan Konseling) di tempatkan di Negeri Lisabata Timur, Kec. Seram Utara Barat Kab. Seram Bagian Barat.

Para delegasi dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau berangkat dari Pekanbaru menuju Ambon pada tanggal 24 Juli 2024 dan tiba di Ambon tanggal 25 Juli 2024. Keberangkatan mereka dibersamai oleh dosen pendamping, yakni Mustiqowati Ummul Fithriyyah dan Yenni Kurniawati.

Pada tanggal 26 Juli 2024, seluruh delegasi dari masing-masing Universitas yang ada di indonesia mengikuti rangkaian acara pembukaan di Auditorium Universitas Pattimura (dialihkan ke Gedung Islamic Centre) dengan sambutan-sambutan yang di berikan dari Rektor Universitas Pattimura (Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy,M.Pd). Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh PJ Gubernur Maluku, (Ir. Sadali IE, M.Si.,IPU) yang memberikan apresiasi tinggi terhadap inisiatif Universitas Pattimura dalam menyelenggarakan KKN dengan fokus pada pengembangan desa-desa di daerah kepulauan. Selain itu Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Prof Dr. Rer. Nat. Abdul Haris, M.Sc) sekaligus membuka dengan resmi Kegiatan KKN Kebangsaan ke XII tahun 2024 dan Pencanangan zona integritas Universitas Pattimura.

Masih di hari yang sama dengan tanggal 26 Juli 2024 para delegasi mengikuti acara pembekalan dengan pemateri  di sesi pertama (Pukul 14.00-15.30 WIT) 

  1. Panglima Kodam XV Pattimura- Mayor Jendral TNI Syafrial, PCS., M.Tr.(HAN) (Tema: Memperkokoh nilai-nilai kebangsaan melalui peningkatan kapasitas mahasiswa sebagai potensi strategis bela negara).
  2. Kapolda Maluku – Irjen Pol Lotharia Latif, M.Hum (Tema: Peran Mahasiswa dalam mewujudkan nilai-nilai kebangsaan melalui gerakan anti Radikalisme, anti Terorisme dan anti Intoleran).
  3. Pemateri selanjutnya (Pukul 15.30-16.30 WIT) oleh Tim Pengembang KKN Kebangsaan (Tema: Filosofi KKN Kebangsaan).

Sesi pembekalan materi di hari kedua di lanjutkan pada  tanggal 27 Juli 2024 (Pukul 09.00-12.00 WIT) 

  1. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Maluku. (Tema: Pengembangan potensi desa untuk mewujudkan desa mandiri di daerah kepulauan).
  2. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku- (Tema: Pengembangan potensi wisata wilayah pesisir sebagai wujud desa mandiri di daerah kepulauan).
  3. Dosen Fakultas Hukum Universitas Pattimura – Dr. Jemmy Jefry Pietersz, S.H., M.H. (Tema: Sistem Pemerintahan adat, Hak ulayat dan Budaya di Maluku).

Berikutnya, hari kedua pembekalan dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2024 (Pukul 13.30-15.00 WIT)

  • Tim Pengembang KKN Kebangsaan (Tema: Pelaksanaan dan Evaluasi KKN Kebangsaan XII Tahun 2024).
  • Manager – Mobile GTM Operations Region Maluku and Papua – Arif Rahman Hakim (Tema: Membangun Digital Ekosistem Pendidikan & Masyarakat desa bersama Telkomsel solusi digital melalui platform skull.Id).

Pembekalan hari kedua dilanjutkan Pukul 15.00-16.00 WIT, dengan rangkaian acara:

  • Kartika Manuhutu, dkk. (Tema: Berbagi pengalaman bersama duta KKN Kebangsaan Universitas Pattimura Tahun 2023).
  • Sekertaris Panitia KKN Kebangsaan – Dr. Samuel Patra Ritiauw., S.Pd.,M.Pd (Tema: Teknis Operasional Keberangkatan ke lokasi KKN Kebangsaan).

Para peserta KKN Kebangsaan akan terlibat dalam berbagai program, termasuk di bidang perikanan, pertanian, dan pariwisata. Mereka akan ditempatkan di 42 lokasi, dengan pembagian sebagai berikut :

Lokasi KKN Kebangsaan Kota Ambon:

  1. Kecamatan Nusaniwe (Dusun Seri, Negeri Latuhalat dan Negeri Nusaniwe).
  2. Kecamatan Leitimur Selatan (Negeri Hukurila, Negeri Rutong dan Negeri Leahari).

Lokasi KKN Kebangsaan Kabupaten Maluku Tengah:

  1. Kecamatan Seram Utara Barat (Negeri Saleman, Negeri Horale, Negeri Herlau, Negeri Karlutu, Negeri Pasanca, Negeri Labuhan, Negeri Gale-Gale dan Negeri Lisabata Timur).
  2. Kecamatan Teon Nila Serua (Negeri Layeni, Negeri Jerily, Negeri Lesluru dan Negeri Wotay).
  3. Kecamatan Saparua Timur (Negeri Itawaka dan Negeri Mahu).
  4. Kecamatan Leihitu (Negeri Hitu, Negeri Mamala, Negeri Morela dan Negeri Hila).
  5. Kecamatan Elpaputih (Negeri Sahulau, Negeri Liang, Negeri Tananahu dan Negeri Waraka).

Lokasi KKN Kebangsaan Kabupaten Seram Bagian Barat:

  1. Kecamatan Amalatu (Desa Tihulale, Desa Rumahkay, Desa Latu dan Desa Hualoy).
  2. Kecamatan Inamosol (Desa Ursana dan Desa Sukowati).
  3. Kecamatan Kairatu (Desa Seriawan dan Desa Kamariang).
  4. Kecamatan Taniwel (Desa Mornateng, Desa Niweleuw, Desa Nuniali dan Desa Taniwel).

Lokasi KKN Kebangsaan Kabupaten Baru:

  1. Kecamatan Waipao (Desa Savana Jaya, dan Desa Jikumerasa).

            Semua pihak berharap KKN Kebangsaan kali ini dapat mencapai kesuksesan sebagaimana KKN Kebangsaan sebelumnya, bahwa seluruh peserta KKN dapat berkiprah dengan program-program kerja yang kreatif dan inovatif yang merupakan turunan dari tema “Memperkokoh Nilai-nilai Kebangsaan Dalam Mewujudkan Desa Mandiri Di Daerah Kepulauan”.

About adminlp2m

Check Also

PSGA UIN Sultan Syarif Kasim Riau Gelar Kegiatan “PSGA Goes to PBAK: Sosialisasikan PTRG dan Anti Kekerasan Seksual di Kampus

Pekanbaru, 27 Agustus 2024 – Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) di bawah naungan Lembaga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unriyo rtp live