Pembukaan dan Pembekalan KKN Moderasi Beragama IV Se-Indonesia Tahun 2024 di Kabupaten Kuningan

Kuliah Kerja Nyata Moderasi Beragama (KKN MB) IV se-Indonesia pada Tahun 2024 diselenggarakan di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 63 Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) di Indonesia. Tema yang diusung yaitu “Harmoni Bersama Umat Beragama”. Peserta sudah berdatangan mulai hari Senin tanggal 15 Juli 2024. Rombongan peserta KKN MB dari UIN Suska Riau sejumlah 5 mahasiswa, diantar oleh Prof. Dr. Hj. Lenny Nofianti, MS, SE, M.SI,AK dan Dr. Lestari Handayani, ST, M.Kom.

Pada hari Selasa, tanggal 16 Juli 2024 dilaksanakan acara Pembukaan dan Pembekalan KKN MB.  Kegiatan ini berlangsung sangat meriah di Pandopo Kabupaten Kuningan dan Kuningan Islamic Center (KIC) Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan daerah Kabupaten Kuningan, Rektor-Rektor PTK, Ketua LP2M se-PTK, dan peserta KKN MB.

Pj Bupati Kabupaten Kuningan, H. Raden Iip Hidajat, menyampaikan ucapan selamat datang dan arahan kepada para peserta KKN. Iip Hidajat menekankan pentingnya kolaborasi antara mahasiswa dan pemerintah untuk membangun Kuningan yang lebih baik. Dalam arahannya, Iip menekankan empat hal utama yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu kemiskinan, pengangguran, stunting, dan menjaga inflasi daerah. “Selama satu tahun ke depan, sebagai Penjabat Bupati, saya memetakan program kerja melalui Trimatra yang mewarnai arah pembangunan Kuningan. Hal itu tergambar dalam falsafah hidup orang Sunda, yaitu silih asah, silih asuh, dan silih asih,” ujar Iip. “Saya berpesan agar mahasiswa dapat responsif terhadap hal-hal yang terjadi di masyarakat sehingga menjadi masukan membangun ke depan,” tambahnya. Iip juga mengajak mahasiswa untuk turut serta menjaga lingkungan dengan memerhatikan masalah sampah dalam kehidupan sehari-hari.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., dalam laporannya mengungkapkan pentingnya program KKN Moderasi Beragama IV ini. Prof Rosihon menyampaikan “Pembukaan KKN Moderasi Beragama IV Se-Indonesia tahun 2024 yang dilaksanakan pada hari ini di Pendopo dan Kuningan Islamic Center merupakan langkah nyata untuk memperkuat kolaborasi antara perguruan tinggi dan pemerintah daerah dalam membangun masyarakat yang lebih baik,”.

Dalam sambutan acara pembukaan KKN MB, Direktur Diktis Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., hadir sekaligus membuka acara pembekalan KKN MB. Direktur yang akrab disapa Prof. Inung, menegaskan bahwa peserta KKN harus meninggalkan dampak positif bagi masyarakat. “Peserta KKN jangan meninggalkan api masalah, tetapi tinggalkan api semangat kepada masyarakat,” ujar Prof. Inung.

Pada hari berikutnya, yaitu Rabu dan Kamis (17-18 Juli 2024), peserta KKN MB mengikuti pembekalan. Ada delapan sesi kegiatan yang diberikan oleh panitia dan tim fasilitator. Materi yang mereka dapatkan diantaranya yaitu implementasi moderasi beragama pada KKN di PTK, pengenalan potensi dan harmoni beragama di Kecamatan Cigugur, metodologi PkM Sistem Pemberdayaan Masyarakat (Sisdamas), dan simulasi Sisdamas moderasi beragama.

Acara pembukaan dan pembekalan KKN Moderasi Beragama IV Se-Indonesia tahun 2024 ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi para mahasiswa untuk terlibat aktif dalam pembangunan daerah dan berkontribusi positif dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial. Melalui kolaborasi antara mahasiswa, perguruan tinggi, dan pemerintah daerah, diharapkan Kuningan dapat menjadi daerah yang lebih sejahtera dan berdaya saing.

About adminlp2m

Check Also

PSGA UIN Sultan Syarif Kasim Riau Gelar Kegiatan “PSGA Goes to PBAK: Sosialisasikan PTRG dan Anti Kekerasan Seksual di Kampus

Pekanbaru, 27 Agustus 2024 – Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) di bawah naungan Lembaga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unriyo rtp live